Pelajaran 9
Hari/ Tanggal : Kamis, 13 April 2022
Kelas : 4A dan 4D
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Tema : Mari Melaksanakan Shalat
Sub Tema : Perilaku yang Mencerminkan Pemahaman Ibadah Sholat
Tujuan Pembelajaran : - Peserta didik mampu memahami perilaku yang mencerminkan pemahaman ibadah sholat
Kompetensi Dasar : 3.5, 4.5.1
Hello my beloved Students !!!
Hallo anak-anak sholih dan sholihah
How are you today ?
I hope all of you are in a good condition and always cheerfull to learn with me, Ibu Yulinda.
Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan tetap semangat ya nak.
Tak lupa Ibu guru juga mau mengucapkan terimakasih kepada Ayah dan Bunda yang sudah mau mendampingi anak-anak belajar.
Nah, anak-anak hari ini kita akan melanjutkan materi selanjutnya pada pelajaran ke 9 yaitu tentang
"Perilaku yang Mencerminkan Pemahaman Ibadah Sholat "
Anak-anak siapa disini yang sholat nya masih bolong-bolong nak ???
Ibu harap anak-anak dirumah semuanya tidak meninggalkan shalat 5 waktu yaa nak, karena apa shalat itu merupakan kewajiban kita sebagai sebagai seorang muslim. Banyak sekali keutamaan dan pahala yang akan kita dapatkan ketika kita melaksanakan shalat.
Kalau minggu lalu kita sudah belajar makna dari bacaan shalat agar shalat kita menjadi lebih khusyuk, hari ini kita akan belajar makna dari ibadah sholat yang kita kerjakan dan perilaku yang mencerminkan pemahaman dari ibadah shalat.
Anak-anak tahu tidak ternyata shalat yang kita kerjakan itu ada maknanya loh bagi kehidupan kita sehari-hari. Apalagi bila mengerjakan shalat nya secara berjamaah . Shalat berjamaah adalah shalat yang dilakukan secara berjamaa. dalam shalat berjamaah pahalanya lebih besar dariapada shalat sendiri (munfarid). Pahala shalat berjamaah 27 kali lipat atau 27 derajat, adapun orang yang sholat munfarid hanya mendapat 1 pahala saja. Jika anak-anak sering melakukan shalat berjamaah maka akan memamhami perilaku kebajikan terhadap sesama. Selain itu, jika kita memahami ibadah shalat secara benar , maka akan menghindari perilaku tercela.
C. Perilaku yang Mencerminkan Pemahaman Ibadah Shalat
a) Melatih kekompakan
Shalat fadhu lebih baik dikerjakan secara berjamaah karena lebih utama dan pahalanya lebih banyak. Pada saat shalat berjamaah akan terlihat kompak. Seorang imam sebelum memulai shalat selalu memperhatikan kesiapan makmumnya. shaf-shaf harus disusun secara rapi, lurus, dan rapat di antara para makmum. Selanjutnya, imam memulai shalat dan diikuti oleh makmumnya hingga selesai. Gerakan shalat iman dan makmum selalu kompak. Kekompakan shalat tersebut dapat dijadikan teladan. Misalnya, kekompakan dalam kerja bakti membersihkan sekolah. Ketika waktu kerja bakti tiba, maka tak seorang pun yang dudu santai, mengobrol, dan berdiam diri. Tidak boleh ada sebagian anak bekerja (bakti) tetapi sebagian lainnya malas-malasan. Semua harus saling bahu-membahu agar tugas kerja bakti selesai dengan baik.
b) Mematuhi perintah ketua kelompok
Dalam shalat berjamaah, imam selalu diikuti oleh makmumnya. Takbir, rukuk,sujud, tasyahud dan gerakan imam lainnya selalu dipatuhi makmumnya. Sepanjang shalat imam benar maka harus diikuti makmumnya. Makmum tidak boleh mendahului gerakan imamnya. Pelaksanaan shalat berjamaah dapat dijadikan teladan. Imam shalat, sama dengan ketua kelompok. Perilaku ketua kelompok harus benar dan baik agar dapat diikuti oleh anggotanya. Anggota kelompok harus patuh kepada ketuanya.
Itu tadi merupakan sebagian penjelasan dari perilaku yang mencerminkan pemahaman ibadah shalat, masih banyak perilaku lain yang mencerminkan pemahaman ibadah shalat, agar anak-anak lebih faham dengan materi hari ini, simak video dibawah ini ya nak..
0 komentar:
Posting Komentar